Curhatnya Oca

Baru sepuluh menit yang lalu, anakku tertidur, ditemani radio kesayangannya yang tidak pernah bosan menemani anakku tidur. Lagunya ?...D'masiv..., kadang saya heran, anak-anak sekarang hafal hampir semua lagu dewasa lengkap dengan siapa penyanyinya. Fenomena apa ya?.. Setengah jam sebelum itu, saya menemani dia ikut berbaring disebelahnya. Tiba-tiba dia bilang ,"Bunda, ..aku tuh males banget pulang kerumah kalo nilai ulanganku jelek. "Kenapa," tanya saya balik bertanya (sebenarnya saya sudah tau, pasti takut dimarahi bundanya..he..he..he...). "Iya, abis aku males banget denger omelannya Bunda, padahal akukan capek", katanya. He..he..he.. benerkan? "Trus Oca  maunya diapain dong, dikasih hadiahkah kalo nilai ulangannya jelek?" tanya saya lagi, bercanda sih. "Ya, nggak sih Bun, ....",katanya lagi. Lalu mulai deh saya berkotbah," Ca,... bunda nggak akan marah koq kalo nilai mu jelek karena Oca nggak ngerti, tapi yang bikin bunda marah tuh sebenernya karena kadang nilai Oca jelek karena belajarnya males-malesan, jadinya soal yang gampang aja salah." "Lagian kan bunda cerewet supaya Oca jadi rajin belajar", kataku. Lalu jawabnya," tapi kan bunda, akhirnya tetap aja aku malas belajar walaupun bunda sudah ngomel." Waduh,... anakku... susah juga jadi ibu. Teman saya juga pernah curhat betapa susahnya mendidik anak, sampai-sampai dia dan suaminya harus gonta-ganti cari pola mendidik yang pas untuknya. Konon semakin hari tugas orang tua semakin berat dalam mendidik anak, tapi bukankah itu tugas yang harus kita terima sebagai orang tua? Mari kita nikmati, toh semua itu akan membuat kita semakin dewasa. Saya menganggap anak-anak sekarang sangat berbeda dengan saat saya kecil dulu. Tapi dari semua kesulitan yang saya temui, saya bersyukur.... bila kita mau melepaskan otoritas kita sebagai orangtua dan mau mendengarkan suara anak-anak kita, ...kita bisa belajar banyak dari anak-anak kita. Bunda, supaya mata bunda nggak pedih, kalo ngupas bawang merah sambil makan permen karet..... (saya baru tau tuh..) Aku baca di majalah BOBO , Bun,... coba aja. Nah itu baru satu, masih banyak lagi yang ia beri untuk saya.

Komentar

Postingan Populer