Penghalang di Jalan

Pada jaman dahulu kala, tersebutlah seorang Raja, yang menempatkan sebuah batu besar di tengah-tengah jalan. Raja tersebut kemudian bersembunyi untuk melihat apakah ada yang mau menyingkirkan batu itu dari jalan. Beberapa pedagang terkaya yang menjadi rekanan raja tiba ditempat itu, kemudian mereka berjalan melingkari batu besar itu. Banyak juga yang datang kemudian, yang mereka lakukan malahan memaki-maki sang raja yang dianggapnya tidak becus mengurus daerah kerajaannya, sehingga ada batu besar ditengah jalan tetapi tidak ada yang membersihkannya. Dari banyak yang melewati jalan tersebut, tak ada satupun yang mau melancarkan jalan dengan menyingkirkan batu tersebut.

Tak lama kemudian, datanglah seorang petani, yang menggendong banyak sekali sayur mayur. Ketika semakin dekat dengan batu itu, petani ini kemudian meletakan dahulu bebannya, dan mencoba memindahkan batu itu ke pinggir jalan. Setelah mendorong dan mendorong, akhirnya ia berhasil menyingkirkan batu besar itu.

Ketika si petani ingin mengangkat kembali sayurnya, ternyata tepat di tempat batu berada ada kantung yang berisi banyak uang emas dan surat raja. Surat yang mengatakan bahwa emas ini hanya untuk orang yang mau menyingkirkan batu besar tersebut dari jalan.

Dari cerita di atas, kemudian kita dapat belajar satu pelajaran...bahwa dalam setiap rintangan, tersembunyi kesempatan yang bisa kita pakai untuk memperbaiki hidup kita.

Cerita ini dikirim seorang teman saya kamis siang kemarin, melalui email saya.

Komentar

Postingan Populer